Cegah Rantai Motor Berkarat, Lakukan Hal Sepele Ini . .



Rantai merupakan bagian penting pada kendaraan.

Rantai merupakan bagian penting pada kendaraan karena memiliki fungsi menggerakan roda kendaraan.

Salah satu penyakit yang sering kali menimpa bagian yang satu ini adalah karat. Lalu bagaimana solusi mencegah karat pada rantai motor?

Air hujan yang memiliki zat asam dapat menimbulkan karat apabila terkena besi termasuk rantai motor.

 Mengecek kondisi rantai motor secara berkala adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah karat.

Selain itu, pemiliki kendaraan juga dapat mencegah datangnya karat dengan hal sederhana, seperti membersihkan rantai sebelum menggunakan pelumas rantai.

“Pemilik kendaraan disarankan menggunakan pelumas rantai seperti Chain Lube. Hanya saja penggunaanya harus diperhatikan.

 Sebelum menggunakan pelumas rantai ini, pemilik kendaraan harus membersihkannya terlebih dahulu dengan lap, agar tidak ada kotoran saat menggunakan pelumas rantai,” ungkap Service Advisor R Series, Adit kepada VIVA.co.id

Adit menjelaskan bila rantai tidak dibersihkan terlebih dahulu dapat membuat kotoran pada rantai motor menumpuk, sehingga rantai akan berbunyi dan lebih cepat aus.

“Kalau langsung pakai pelumas rantai tanpa dibersihkan dahulu kotoran semakin menumpuk sehingga rantai cepat haus dan biasanya bunyi. Jadi dibersihkan pakai lap saja, baru ditambah dengan pelumas rantai,” tambahnya.

Menggunakanlah penutup rantai motor agar terlindungi dari percikan air hujan secara langsung juga penting untuk mencegah karat terjadi. “Rantai itu harus selalu diperhatikan untuk mendapatkan performa kendaraan secara optimal,” katanya.

Subscribe to receive free email updates: